-->

Manfaat dan Khasiat Putri Malu

Manfaat dan Khasiat Putri Malu. Semua orang pasti tahu tanaman putri malu, ya Putri Malu (Mimosa pudica Linn) tanaman perdu yang pendek dan berduri ini termasuk tumbuhan liar dan bisa tumbuh dimana saja, di halaman, di jalan tanpa pernah kita menanamnya. Tapi putri malu punya satu ciri khas yang sangat istimewa yaitu selalu menguncup atau menutup ketika disentuh. Makanya itu dia disebut tanaman putri malu. Berbeda dengan saya jika disentuh pasti marah, tapi ngga mau disebut putri marah wkwk..

Saya ketika masih kecil suka nyempetin cari tanaman putri malu hanya sekedar menyentuh terus nunggu daunnya terbuka lagi dan disentuh lagi lantaran tanaman putri malu ini menguncupnya hanya sebentar karena faktor seismonasti (rangsangan sentuhan), hal ini berfungsi untuk melindungi diri dari bahaya hewan pemakan tanaman atau herbivora.

Tanaman putri malu yang besar kadang suka tumbuh bunga cantik berwarna pink, hati-hati jika mau memetiknya karena walaupun malu-malu, durinya sangat tajam dan bisa bikin gatal. Namun walau termasuk tumbuhan liar, putri malu ini mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Bahkan seluruh tanaman ini bisa di manfaatkan. Berikut kandungan serta manfaatnya :

Putri Malu [Mimosa pudica Linn] mengandung pipekolinat, mimosin, tanin dan saponin. rasanya manis dingin dan segar. Kandungan tersebut dipercaya dapat mengatasi beberapa keluhan penyakit seperti demam, infeksi, melonggarkan pernafasan, batu saluran kencing, cacingan, rematik, batuk berdahak, bronkhitis bahkan insomnia.


Manfaat dan Khasiat Putri Malu


Berikut contoh ramuan putri malu dijadikan sebagai ramuan obat tradisional.

Bronkhitis

Sediakan akar putri malu kira-kira 60 g lalu rebus dengan menggunakan 600 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring dan minum 2 kali sehari sebanyak 100 cc.

Batuk berdahak

Siapkan akar putri malu sebanyak 10-15 gram dengan air secukupnya. Setelah dingin saring dan di minum 2 kali sehari sampai sembuh.

Insomnia

Siapkan herba putri malu kira-kira 30-60 gram, lalu rebus dengan air secukupnya, setelah agak sedikit dingin, saring dan minum sekaligus.

Cacingan

Siapkan akar putri malu kira-kira 10-15 gram. lalu cuci bersih dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari sampai sembuh.

Hepatitis

Sediakan 10-15 gram herba putri malu, kemudian cuci dan rebus dengan menggunakan 200 cc air hingga mendidih. Diminum pagi sore secara rutin. 

Tidak disarankan untuk ibu hamil menggunakan ramuan dari putri malu, dikhawatirkan dapat menimbulkan kelainan pada janin.

Nah cukup mudah kan jika ingin membuat ramuan tradisional sendiri dirumah dengan menggunakan herba putri malu. Tapi disarankan berkonsultasi dahulu dengan pakar herbalis atau dokter terpercaya sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments