-->

Khasiat Andong untuk Pengobatan

Khasiat Andong untuk Pengobatan. Andong itu jika di Jawa Barat dikenal dengan nama tanaman hanjuang. sedangkan nama andong sendiri sama dengan delman atau bendi di jawa, yang mana merupakan kendaraan trensportasi yang di tarik oleh kuda. Tanaman dengan nama botani Cordyline fruticosa L ini banyak sekali ditemukan dihalaman rumah, orang-orang biasanya menjadikan tanaman andong sebagai tanaman hias atau tanaman pagar pembatas sesuatu. Warna tanaman andong sangat mencolok yakni merah, namun ada juga yang berwarna hijau. Tanaman ini termasuk kedalam suku bawang-bawangan yang nyaris tak mempunyai cabang sama sekali, batangnya keras dan bulat biasa ditemukan didaerah rendah sampai ketinggian 1.900 m dpl.

Andong dari suku Liliaceae mempunyai nama ilmiah Cordyline fruticosa L. Sedangkan nama sinonimnya adalah Cordyline fruticosa Backer, Asparagus terminalis L, Taetsia fruticosa Merr, C, Terminalis Planch, dan Convallaria fruticosa L. Adapun nama daerah di nusantara diantaranya : Jawa: Hanjuang, andong, endong. Sumatera: bak juang, lak-lak. Kalimantan: renjuang, saban. Madura: kayu urip. Sulawesi: tabongo. Maluku ai buru Irian: katopasari, ngasi, dan jasir. Cordylinae Folium adalah nama simplisia untuk daun andong.

Baca juga..!
Khasiat Kaktus Pakis Giwang
Manfaat Lidah Mertua

Kandungan kimia serta khasiat Andong


Andong atau hanjuang mempunyai kandungan kalsium oksalat, polisakarida, steroida, polifenol, flavonoid, tanin, saponin dan zat besi. Mempunyai rasa yang sejuk, bersifat tawar agak sedikit manis. Berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti menghancurkan darah beku ketika memar, menghentikan pendarahan (hemostatis).

Adapun indikasi daun andong dijadikan terapi penyakit seperti:

  • Nyeri lambung dan ulu hati
  • TB paru disertai batuk darah.
  • Urine berdarah (hematuria), wasir berdarah, luka berdarah, darah haid terlalu banyak, keluar darah sewaktu hamil.


Cara pemakaian andong untuk pengobatan
Pengobatan dari dalam, rebus daun andong yang segar kira-kira (15-30g) bunga kering (9-15g), dapat juga merebus menggunakan akarnya kira-kira (6-10g) diminum sekaligus.

Sedangkan untuk pengobatan luar, Cuci bersih daun andong seperlunya campurkan juga sedikit garam, lalu lumatkan sampai halus kemudian tempelkan pada tempat yang sakit setelah itu balut.


Contoh pemakaian andong untuk pengobatan

Radang Gusi
Ambil kulit kayu andong seperlunya, campurkan sedikit garam lalu lumatkan hingga halus, kemudian oleskan pada gusi yang sedang meradang.

Batuk darah, urin berdarah
Rebus akar kering andong (10-15g), atau daun andong yang segar (60-100g) dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas. Saring dan minum pagi sore masing-masing 1/2 gelas.

Wasir
Siapkan 3 helai daun andong lalu cuci bersih bersama 7 helai daun wungu. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Diminum setiap hari hingga secara rutin sampai sembuh.

Disentri dan diare
Rebus daun andong kering (10-15g), atau daun andong yang segar (60-100g) dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja. Saring lalu minum sekaligus pagi siang dan sore sebanyak 1/3 gelas.

Disqus Comments