-->

Manfaat serta khasiat Tanaman Tahi Kotok

Manfaat serta khasiat Tanaman Tahi Kotok. Tahi kotok adalah jenis tanaman hias dari Meksiko, mempunyai nama botani Tagetes erecta Linn dari suku Asteraceae. Nama tahi kotok di telinga melayu apalagi suku sunda ga begitu bagus hampir mirip dengan nama kotoran seekor ayam Tahi kotok (kotoran ayam) mungkin karena aroma yang kurang sedap yang timbul dari bunga ini. Orang-orang sunda menyebut tanaman ini Ades atau tagetes, sedangkan kenikir sebutan didaerah Jawa. Adapun nama simplisia bagi bunga ini adalah Tagetis erecta Fios (bunga tahi kotok).

Tahi kotok merupakan tanaman hias yang sering di tanam di pekarangan, taman dan tempat-tempat baik lainnya. Tanaman tahi kotok dapat tumbuh bagus dilingkungan lembap yang cukup terkena sinar matahari.

Ciri umum tanaman tahi kotok mempunyai batang yang tegak tinggi kira-kira 70 cm. Bunga berwarna kuning dan orange membentuk bonggol yang sangat cantik dan indah, buahnya keras sedikit berwarna agak gelap.

Bunga tahi kotok mengandung helenian, flavoxanthin, terthienyl, dan tagetin.


Manfaat Bunga tahi kotok (tagetes erecta L)


Bunga tahi kotok mempunyai bau yang tidak sedap sehingga tidak disukai oleh nyamuk dan berbagai jenis larva lainnya karena kandungan zat terthieniyl yang dapat membunuh aneka enzim ditubuh nyamuk.
Larutan bunga tahi kotok mampu mengusir dan menumpas belatung dan berbagai larva lain pada tanaman. Cukup giling 3 g bunga tahi kotok lalu campurkan kedalam 1 liter air dan semprotkan pada tanaman untuk melindungi dari ulat dan serangga perusak lainnya.
Tanaman tahi kotok jika ditempatkan berselang seling dengan tanaman sayuran sangat efektif mencegah dan mengusir hama perusak pada tanaman.


Khasiat Tahi Kotok

Tahi kotok mempunyai khasiat yang istimewa dan dapat digunakan menyembuhkan beberapa keluhan penyakit, diantaranya

  • Kejang panas pada anak (ISPA)
  • Radang tenggorokan
  • Sariawan
  • Sakit gigi
  • Radang mata (conjunticitis)
  • Batuk rejan (ipertussis) dan bronkhitis
  • Perut kembung
  • Gondongan (parotitis)
  • Radang kulit bernanah (pioderma)
  • Pembengkakan payudara (mastitis)
  • Mual
  • Pegal linu (Reumatism)


Cara pemakaian
Pemakaian dalam. 5-15 g herba bunga kering direbus lalu airnya diminum
Pemakaian luar. Bunga dicuci dan tumbuk sampai halus campur beras putih seperlunya kemudian tempelkan pada tempat yang sakit seperti pegal linu, radang payudara, gondongan dll.

Contoh pemakaian

Batuk rejan
Bunga kering 15 g direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, tambahkan gula enau seperlunya. Saring dan minum pagi sore 1/2 gelas.

Sakit Gigi
Bunga tahi kotok kering 15 g direbus dengan 2 gelas air lalu saring dan minum setiap hari 1/2 gelas hingga sembuh.

Sakit Mata
Rebus satu kuntum bunga tahi kotok segar dengan air secukupnya, lalu gunakan air tersebut untuk mencuci mata yang sakit.

Bronkhitis
Bunga tahi kotok kering 15 g direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, tambahkan kencur dan gula aren secukupnya. Saring dan minum setiap hari.

Demikianlah sedikit informasi tentang manfaat serta khasiat dari tanaman bunga tahi kotok, semoga berguna bagi Anda yang memerlukannya. Terima kasih.

Disqus Comments