-->

Manfaat dan Khasiat Pisang Batu

Manfaat dan Khasiat Pisang Batu. Seperti diketahui pisang (musa paradisiacia) mempunyai puluhan jenis varietas dan semua jenisnya sangat terkenal seperti pisang ambon, pisang raja, pisang nangka pisang batu, pisang kapas dan lain-lain.

Rata-rata buah pisang dikelompokan pada 2 kelompok yakni kelompok pisang meja atau banana (musa sapientum) kelompok ini dapat dimakan segar atau langsung tanpa pengolahan. Contohnya pisang ambon, pisang mas, pisang susu dan lain-lain. Kelompok kedua yakni plain-tain (musa paradisiacia). Kelompok pisang ini lebih enak disantap jika diolah terlebih dahulu seperti dikukus, dikolek ataupun dijadikan manisan. Contohnya pisang tanduk, pisang nangka dan juga pisang batu atau pisang klutuk.

Hampir semua jenis pisang diatas mempunyai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, bahkan hampir semua organ pohon pisang bisa bermanfaat bagi kebutuhan manusia. (Baca Aneka manfaat pohon pisang). 


Manfaat dan Khasiat Pisang Batu


Untuk pisang batu (Musa brachycarpa) sebagian menyebutnya pisang klutuk ada keunggulan pemanfaatan dalam penerapan kesehatan. Pisang batu walaupun mempunyai biji yang cukup menggangu ketika dimakan, tetapi sifatnya yang dingin dan astringen, serta kandungan vitamin, nutrisi protein, lemak dan karbohidratnya memberikan khasiat yang berguna untuk kesehatan. Diantaranya :

Mengobati BAB Berdarah
Minumlah perasan dari pisang batu 3 kali setiap hari caranya dengan minium perasan bonggol dari pisang batu hingga mendapat 1/4 gelas, lalu tempelkan daun sosor bebek pada perut penderita, ganti ketika sudah kering.

Diare 
Pisang batu dapat mengatasi diare pada anak dengan cara memeras 3 buah pisang batu mentah dan 3 buah pisang batu masak tanpa kulit. Lalu minum 2 kali sehari hingga terasa baikan.

Ambeien
Ramuan ambeien dengan pisang batu adalah dengan cara sediakan pisang batu beserta daun jambu muda. Lalu peras pisang batu sedangkan daun jambu ditumbuk hingga halus. Minumlah perasan pisang batu dicampur dengan daun jambu muda hingga penyakit terasa sembuh. Biasanya memerlukanbeberapa hari.

Membersihkan Rahim dan Vagina sehabis melahirkan
Bagi ibu-ibu yang baru melahirkan manfaatkan perasan bonggol pisang batu ini sangatlah bermanfaat, karena membasuh dengan perasan pisang batu dapat membersihkan dan mengerutkan pada rahim dan vagina bagi wanita yang baru melahirkan.

Untuk manfaat dan khasiat buah pisang serta pohon pisang secara jelasnya Anda dapat mengunjungi Aneka manfaat pohon pisang yang telah di ulas sebelumnya.

Disqus Comments