-->

Khasiat Buah Jamblang untuk Pengobatan

Manfaat dan Khasiat Buah Jamblang. Jamblang mempunyai nama ilmiah Syzygium cumini Linn. Skeels termasuk tanaman buah yang berasal dari Asia dan Australia tropik. Buah jamblang mempunyai rasa manis dan asam agak kesat dan sepat. Warna buah ini hijau ketika masih muda dan berubah menjadi ungu mendekati kehitam-hitaman tatkala sudah masak. Pohonnya tinggi mencapai 20 m berbatang tebal, bercabang banyak, berdaun rimbun, dan bertangkai kuat.

Jamblang Syzygium cumini Linn. Skeels mempunyai sinonim Eugenia cumini (L), S. Jambolana Miq, E. Jambolana lamk. dari suku Mirtaceae. Nama lain jamblang di nusantara adalah : jambu kalang, jambu kleng (Sumatera), juwet, duwet, manting (Jawa), jujutan (Bali), dhuwak, dhalas (Madura), raporapo jawa, alicopeng (Sulawesi), dan jambula (Ternate). Nama yang paling lazim dikenal adalah jamblang, duwet, dan jambelang. Nama asing buah jamblang adalah wu kou guo, hainan pu tao (Cina), black plum, java plum (Inggris).

Kandungan Buah Jamblang
Buah jamblang sangat terkenal dengan kandungan mineralnya, diantaranya : fosfor, zat besi, seng, kalsium, natrium kalium dan juga mangan. Jamblangpun kaya akan kandungan kimia seperti asam elegat, asam organik, triterpenoid, minyak asiri, fenol, alkaloid dan juga tanin.


Khasiat Buah Jamblang


Buah jamblang rasanya manis walaupun sedikit kesat tetapi buah ini mempunyai kandungan khasiat yang baik. Sifat aromatik dan astringennya berkhasiat menghentikan batuk, memperbaiki pencernaan, peluruh kencing, merangsang air liur, karminatif atau peluruh kentut, dan menurunkan kadar gula darah.

Berikut indikasi jamblang untuk mengobati keluhan kesehatan, diantaranya :
  • Kencing manis
  • sesak nafas (asma)
  • batuk
  • diare
  • keram perut
  • Penawar racun
  • pembesar limpa


Contoh pemakaian

Kencing Manis
Buah dan kulitnya dicuci bersih sebanyak 60 g, rebus dengan 2 gelas sampai tersisa setengahnya, diminum skaligus 1/2 gelas setiap hari pagi dan sore.

Batuk dan asma
Buah jamblang segar 15 g dicuci dan dikonsumsi bersama kulitnya, dilakukan setiap hari pagi dan sore.

Diare pada anak
Buah jamblang yang belum matang, dicampur bersama 6 g beras yang sudah digoseng, di tim lalu di berikan pada anak yang sedang diare.

Nyeri lambung
Buah jamblang tanpa biji 30 g digoseng sampai harum, rendam kedalam mangkuk hingga menjadi tim, lalu dimakan 3 kali sehari selama 10 hari.

Sariawan
Gunakan rebusan kulit dan buah jamblang untuk berkumur-kumur sebanyak 3 kali sehari sampai sariawannya sembuh.

Catatan
  • Disebagian kawasan asia akar jamblang digunakan untuk meredakan dan mengobatipenyakit epilepsi.
  • Jamblang mengandung oleanolic acid dan surinam cherry, diAmerika Selatan digunakan untuk mengobati kerusakan pada jantung dan kanker.
  • Menurut praktisi ayurvedic, buah jamblang menurunkan gula darah hanya dalam 30 menit.
  • Kulit kayu pohon dapat digunakan untuk zat pewarna.
  • Kulit kayu dapat digunakan sebagai peluruh haid

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari buah jamblang, sungguh sangat bermanfaat bukan, walau sulit mendapatkan buahnya pada saat sekarang.

Disqus Comments