-->

Aneka Buah-buahan untuk Kecantikan

Aneka Buah-buahan untuk Kecantikan. Terapi kecantikan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar kita, seperti buah-buahan dan sayuran dipercaya dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Khusus perawatan kecantikan kulit dengan buah dan sayuran dapat dilakukan dengan dua langkah, yaitu perawatan dari dalam maupun dari luar. Perawatan dari dalam dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara langsung. Sedangkan perawatan dari luar, dengan memanfaatkan buah-buahan dan sayuran untuk dijadikan masker, lulur, bedak, dan ramuan lainnya yang bahan utamanya terbuat dari buah-buahan dan sayuran. Berikut beberapa tips perawatan kecantikan peninggalan nenek moyang kita yang masih ditiru sampai sekarang.

Aneka Buah-buahan untuk Kecantikan


Alpukat
Alpukat (parsea americana) kaya akan vitamin dan juga asam amino dan sering dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, menghaluskan tangan serta dapat pula dijadikan sarana untuk memperindah rambut. sangat cocok untuk segala jenis kulit.

Mentimun 
Mentimun (cucumis sativus) mengandungt vitamin A, B1, vitamin C, protein, lemak, kalsium, saponin, besi dan belerang. Mentimun dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan minyak dikulit, menghilangkan noda diwajah, menghilangkan jerawat, mencerahkan kulit, dan menghilangkan lingkaran hitam dimata.

Apel
Apel (pyrus Malus) mengandung vitamin A, B1, B2, C, niasin, kalium, kalsium, natrium, fosfor dan sejumlah komponen lain. Apel sangat tepat dijadikan perawatan kesehatan dan kecantikan kulit seperti menjaga kelembaban kulit, mencerahkan, dan meremajakan kulit.

Melon
Melon (cucumis melo L) kaya akan kandungan gula serta lycopen berfungsi sebagai pencegah kanker. Melon juga mengandung vitamin C dan carotenoid yang berfungsi melindungi kulit akibat radikal bebas sehingga kulit aman dari paparan sinar matahari dan menghindari noda hitam pada wajah.

Tomat
Tomat (lycopercisum esculentum Mill) mengandung vitamin A, B1, C , protein, kalsium, besi dan lain-lain. Tomat sangat berguna untuk mengusir jerawat, melonggarkan sel pada permukaan kulit serta menghaluskan kulit wajah.

Pepaya
Pepaya kaya akan enzim papain serta glutamin, lipase, lisosim, karpain, vitokinose, pectin, papayotimin papain, dan kandungan gizi lainnya. Papain paling sering dijadikan alat untuk menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan luka bakar, meremajakan kulit, bahkan pepaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis (citrus aurantifolia swingle) mengandung senyawa limonene, linalin asetat, geranil asetat, feladren, sitrat, dan asam sitrat. Jeruk nipis palin banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan tubuh dan kulit, terutama untuk menghilangkan jerawat, mencegah keriput, melembabkan kulit kering, merawat kuku, mengatasi ketombe, merawat rambut, bahkan untuk menjaga kelangsingan tubuh agar tetap ideal.

Bengkuang
Bengkuang (pacyrhizus erosus) mengandung gula, pati, kalsium, serta fosfor. Bengkuang paling banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit disamping sering dijadikan penyegar tubuh. Efek pendingin yang melibihi 80% dari bengkuang mampu memanjakan kulit sehingga sering dapakai untuk masker atau lulur untuk menyegarkan sekaligus memutihkan kulit secara alami.

Pisang
Pisang mengandung tanin, noradrenalin, pectin, dan serotonin. Disamping pisang juga mengandung vitamin A, B komplek serta vitamin C. Buah pisang dapat dijadikan sebagai perawatan kecantikan untuk melembabkan kulit wajah, perawatan rambut, bahkan untuk merawat bagian kewanitaan setelah melahirkan.

Stroberi
Stroberi (fragria xananassa) mengandung asam salisilat, silica, vitamin B, C, E dan K. Stroberi sangat berguna untuk menghindarkan kulit akibat radikal bebas serta menjaga keremajaan kulit sehingga kulit bisa tampil awet muda.

Kelapa Muda
Kelapa Muda mengandung vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta ribloflavin. Air kelapa muda mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan, seperti memutihkan kulit, mencegah kerutan pada kulit, mencegah ubanan, dan dapat juga dijadikan sebagai pelangsing tubuh.

Anggur
Anggur mengandung vitamin B komplek, C, kalsium, magnesium, mineral serta senyawa flavonoid. Fungsi buah anggur untuk dimanfaatkan sebagai terapi kecantikan adalah untuk menjaga radikal bebas pada kulit sekaligus menghaluskan kulit. Buah anggur ini cocok untuk semua jenis kulit.

Semangka
Semangka kaya akan lycopene yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas layaknya vitamin C dan E yang juga terdapat pada semangka. Semangka dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan seperti mengatasi kulit kering, kusam, dan mencerahkan kulit secara alami. kandungan airnya yang banyak membuat tubuh menjadi segar dan biasanya dijadikan masker untuk perawatan kulit dari luar.

Sebenarnya masih banyak buah-buahan yang dapat dijadikan perawatan kulit secara alami untuk menjadikan kulit tampil cantik dan mempesona seperti buah kiwi, delima, mangga dan lainnya. Tapi saya hanya menulis buah-buahan yang paling sering dipakai dan paling umum dijadikan sebagai perawat kulit dari luar. kurang lebihnya saya mohon maaf semoga bermanfaat.

Disqus Comments