-->

Makanan Penangkal Penuaan

Makanan Penangkal Penuaan. Siapa yang ngga mau selalu tampak muda walau usia kian bertambah, pasti semua orang mengidamkan itu, seperti lagu Alphaville "forever young" grup musik asal jerman yang bercerita tentang ketakutan akan masa tua dan datangnya kematian, lalu berkhayal dengan menciptakan lagu forever young. Mencerminkan hampir setiap orang mendambakan panjang umur agar dapat menikmati kehidupan dunia, dan jarang sekali orang yang suka menjadi tua apalagi menjadi "TOP" Tua Ompong Pikun.

Beberapa teknologi diciptakan untuk dapat menemukan formula demi menjauhkan penyakit tua, atau minimal memberikan masa hidup lebih lama, kalau tidak bisa hidup 1000 tahun ala chairil anwar, 100 tahun pun boleh lah, tapi itu sesuatu yang berlebihan dan mustahil, Karena tubuh manusia didesain untuk tahan hanya 120 tahun. Tapi beberapa ilmuwan berpendapat, suatu saat ilmu pengetahuan akan memungkinkan manusia hidup jauh melebihi dari batas usia harapan.

Berikut makanan alami dari buah-buahan dan sayuran yang disinyalir dapat memperlambat penuaan, namun tetap menjaga kualitas tubuh tetap segar dan fit, relatif mudah dan murah untuk didapat. Diantaranya


Makanan Penangkal Penuaan

Mentimun sudah dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan sejak ribuan tahun lalu. Fakta dari sejarah yakni Ratu Cleopatra sangat menggilai mentimun sebagai bahan untuk mempertahankan kecantikan. Perpaduan asam amino, air dan vitamin C membuat mentimun sangat cocok untuk sarana mempertahankan keremajaan kulit, mencegah penuaan dan menghilangkan jerawat. Kemudian gabungan unsur asam folat, fosfor dan vitamin C mampu menghilangkan kerutan dan ketegangan akibat stres. Cara terbaik memanfaatkan mentimun untuk memperlambat penuaan dengan dikonsumsi sebagai lalapan atau dijadikan masker.

Buah semangka kaya akan likopen yang merupakan zat pemberi warna pada buah dan sayuran yang tergolong dalam karetonoid. Karetonoid berperan sebagai antioksidan yang berfungsi mengikat radikal bebas didalam tubuh. Radikal bebas dapat menjadikan proses penuaan cepat terjadi,  kulit mengering dan kelenturannya berkurang, mengakibatkan kulit kendur dan keriput. Likopen dalam buah semangka mampu memerangi radikal bebas dan menyegarkan kembali sel-sel kulit yang rusak. 

Buah tomat yang merah sangat direkomendasikan menjadi makanan setiap hari. Kenapa? karena kandungan likopen yang sangat tinggi. Jika ingin tampak awet muda selalu, jangan ragu mengonsumsi tomat. Dapt di jus atau disayur, atau bisa buahnya disantap langsung.

Buah ini istimewa karena mengandung provitamin A (betakaroten) yang cukup tinggi. Didalam tubuh, betakaroten menjelma menjadi antioksidan yang baik mencegah terbentuknya radikal bebas. Dalam organ hatu, senyawa ini diubah menjadi vitamin A yang menyehatkan mata, jadi jika menyantap woretl selain awet muda, dapat membuat mata menjadi jernih.

Sayuran ini Mengandung zat yabf sangat bermanfaat yakni alpha-lipoic-acid. Selain bagus untuk kesehatan jantung, senyawa ini mampu mempertahankan keremajaan kulit. Penelitian di Yale Universitas Medical Center membuktikan alpha lipoic acid dapat menghilangkan garis-garis halus dab kerutan yang muncul pada kulit akibat penuaan. Selain dapat disantap, kentangpun bisa dijadikan masker untuk mempercantik kulit wajah agar tampil muda berseri.

Rumput Laut
Jika ditanya warga negara mana didunia yang memiliki usia paling lama, maka banyak orang memilih jawabannya pada warga negara Jepang. Berdasarkan catatan, orang jepang dikenal sebagai warga yang memiliki umur paling panjang dibandingkan dengan negara manapun diseluruh dunia. Umur rata-rata penghuni matahari terbit itu mencapai 76 tahun, sangat jauh dengan Indonesia yang mempunyai rata-rata 55 tahun.

Mengapa warga negara jepang memiliki umur rata-rata sepanjang itu, padahal warga jepang sangat gila pekerjaan dan memilki tingkat stres yang tinggi. fakta membuktikan ternyata penduduk negri sakura itu gemar mengonsumsi aneka olahan dari rumput laut. Itulah sebabnya para wanita jepang paling sedikit mengidap kanker payudara, hanya 10% (jumlah terkecil di dunia). Tingginya khasiat rumput laut karena mengandung  iodium (12), seng (zn), dan selenium (se). Seperti diketahui mengonsumsi cukup bahan yang mengandung iodium dapat merangsang otak sehingga membuat pintar dan cerdas. Sedangkan kekurangan iodium akan mengakibatkan tingkat kecerdasan otak (IQ) seseorang merosot tajam. Itulah sebabnya anak-anak jepang mempunyai tingkat IQ yang tinggi. Semetara itu apabila tubuh kekurangan seng dan selenium, dapat berakibat tubuh mudah terkena penyakit kanker, penyakit inilah yang membuat umur manusia cepat berakhir.

Ada sebuah pepatah kuno yang menyebutkan "Jika usiamu sudah 50 tahun dan memakan bawang putih selam 50 tahun, maka kau akan hidup 50 tahun lagi". Bawang putih seperti yang diilustrasikan tadi bukanlah mitos semata, bawang putih dikenal memiliki sejuta khasiat sejak 300 tahun lalu. Karena begitu banyak khasiat dari bawang putih untuk menyembuhkan, sampai-sampai dijuluki "makanan panjang Umur". Bahkan dalam film-film horor, bawang putih dipakai sebagai pengusir drakula, vampire atau binatang-binatang pemangsa lainnya.

Jika Anda ingin selalu panjang umur dan tampak muda selamanya, mungkin itu hal yang sangat berlebihan. Tapi jika Anda ingin tampil muda dengan  berusaha menghalau sel-sel penyebab terjadinya masa penuaan, ini lebih rasional, jika demikian konsumsilah bahan-bahan diatas agar tampil muda sehat juga mempesona. Selamat mencoba.

Disqus Comments