-->

Khasiat Buah Srikaya

Khasiat Buah Srikaya. Srikaya adalah buah-buahan yang berwarna hijau dan biasanya hidup didaerah tropis saja. Buah srikaya berkhasiat bentuknya kecil dan rata-rata umurnya mencapai 3 sampai 5 tahun. Buah srikaya yang berkhasiat ini bernama botani Kalanchoe pinnata (lamk) dari suku Crassulaceae sedangkan nama daerah di Indonesia adalah teres, tuju dengen (Jawa) didingin banen (Aceh) daun sejuk, sepohori (Palembang) ceker bebek (Melayu), jukut kawasa, tere, ceker itik (Sunda), cocor bhibhik. jempe (Madura) dan rau kufiri (Ternate)

Sifat kimiawi pohon srikaya

Akar rasanya pahit, sifatnya dingin. akar berkhasiat anti radang dan anti depresi. Akar digunakan untuk mengatasi disentri akut, sembelit,   nyeri tulang punggung dan depresi mental.

Daun Rasanya pahit, kelat, sifatnya sedikit dingin. Daun digunakan untuk  menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, mengatasi batuk, demam, reumatik, diare, disenti, cacingan, kutu kepala, dan pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, scabies, dan kudis. >

Biji digunakan untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan, serta mematikan kutu kepala dan serangga. Sedangkan buah yang masih muda nisa digunakan untuk mengatasi diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan (atinik dispepsia).Kulit batang digunakan untuk mengatasi diare, disentri, luka berdarah. >

Cara pemakaian > Untuk pemakaian luar, rebus daun, lalu gunakan airnya untuk mencuci luka dan borok. Cara lain, giling biji menjadi bubuk dan gunakan untuk membunuh kutu dikepala, kutu pada binatang, dan serangga. Buah masak bisa digunakan untuk mengobati bengkak karena memar dan abses.  


Borok, bisul keras 

Cuci bersih daun segar secukupnya, kemudian giling sampai halus tambahkan  garam secukupnya, gunakan untuk menurap borok atau bisul kemudian balut. dalam sehari, ganti dua sampai tiga kali.

Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris 

Cuci bersih daun segar secukupnya, kemudian tumbuk halus dan merata. dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Membasmi kutu anjing 

Rebus daun atau biji srikaya yang ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya, kemudian saring. Ambil airnya untuk digunakan  memandikan anjing.

Mematikan kutu kepala 

Cuci bersih biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (satu genggam), lalu giling halus. tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. turapkan pada kulit kepala, kemudian bungkus dengan kain. tunggu sampai 4 jam, buka, lalu keramas sampai bersih, jangan sampai bilasan air masuk kemata karena bisa menyebabkan iritasi dan meradang.

Cacingan pada anak 

Cuci bersih daun srikaya segar (5 lembar), lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa menjadi 3 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 3 kali sehari, masing-,asing 1 gelas.

Gangguan pencernaan 

Cuci bersih daun yang segar secukupnya, lalu digiling halus. bisa ditambahkan minyak kelapa secukupnya, lalu tempelkan pada perut.

Diare

Cuci kulit batang srikaya 6-10 g, lalu potong kecil. tambahkan gula merah secukupnya. silahkan rebus dengan menggunakan emapat gelas air sampai tersisa dua gelas. setelah dingin saring dan minum dua kali sehari, masing masing satu gelas.

Kudis

Cuci bersih daun srikaya segar 15 lembar. Giling halus, lalu remas dengan air kapur sirih sebanyak 1 sendok teh. gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit yang kudis. lakukan sehari 2 kali.


Keterangan
Bagi ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan minum rebusan biji srikaya.
Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit batang, dan akar srikaya karena mengandung racun.
Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli herbalis.

Disqus Comments