-->

Manfaat Buah Kelapa

Manfaat Buah Kelapa. Kelapa (coconucifera) adalah termasuk jenis palma yang mempunyai buah berukuran cukup besar. batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat mencapai ketinggian 10-14 meter lebih. Daunnya panjang berpelepah dapat mencapai 2-3 meter dengan sirip lidi yang menopang tiap helaian. Buahnya terbungkus oleh serabut dan batok yang cukup kuat sehingga jika ingin mendapatkan buah kelapa harus dikuliti terlebih dulu. Apabila kelapa sudah besar dan subur dapat menghasilkan 3-10 buah kelapa setiap tangkainya.


Manfaat dan kandungan pohon kelapa

Manfaat pohon kelapa ini sangat banyak sehingga disebut sebagai pohon serba guna dan berkhasiat, dari akar, batang hingga buah dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia tak heran jika pohon kelapa dijadikan logo Praja Muda Karana atau Pramuka.

Batang pohon kelapa bisa dijadikan  mebel, bahan bangunan, perahu dan kayu bakar.  Daun kelapa bisa dimanfaatkan untuk janur, sarang ketupat, atap rumah, Tulang daun juga bisa dijadikan sapu lidi dan tusuk sate. Tempurung (batok) kelapa bisa dijadikan kayu bakar dan arang. Daging kelapa tua adalah bagian penting bisa dijadikan kelapa parut, kopra santan dan minyak goreng, Kelapa muda dijadikan campuran cocktail dan selai. Sedangkan air kelapa bisa dijadikan bahan pembuat kecap dan permentasi  nata decoco.

Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi, sebesar 359 kal per 100 gram. daging kelapa setengah tua mengandung kalori 180 kalori per 100 gram dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kalori per 100 gram. sedang nilai kalori rata rata yang terdapat pada air kelapa berkisar 17 kalori per 100 gram.

Air kelapa hijau, dibanding dengan jenis kelapa lain banyak mengandung tanin atau antidotum (anti racun) yang paling tinggi. Kandungan zat kimia lain yang menonjol yaitu berupa enzim yang mampu mengurai sifat racun. Komposisi kandungan zat kimia yang terdapat pada air kelapa antara lain asam askorbat atau vitamin C, Protein, lemak, hidrat arang, kalsium atau potasium. mineral yang terkandung pada air kelapa ialah zat besi, fosfor dan gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kadar air yang terdapat pada buah kelapa sejumlah 95.5 gram dari setiap 100 gramnya


Khasiat pohon kelapa

Melihat nilai komposisi dari buah kelapa ini maka sebagian kalangan banyak juga yang memanfaatkan buah kelapa sebagai penawar penyakit seperti diterangkan dibawah ini,

Keracunan
Cara membuatnya : 1 butir kelapa hijau, dilubangi ujungnya, kemudian airnya dimunum sampai habis.

Sakit panas dalam 
Cara membuatnya : 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukan kedalam buah kelapa tersebut dan diaduk merata. Diminum pada siang hari.

Sakit panas
Cara membuatnya : 1 gelas air kelapa muda, 1 sendok madu. Kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk merata. untuk dewasa : diminum 2 kali sehari pagi dan sore, untuk balita : cukup 2 kali sehari 1/2 cangkir teh.

Demam berdarah
Cara membuatnya : 1 butir buah kelapa hijau, 1 butir jeruk nipis, buah kelapa dilubangi ujungnya, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian air jeruk nipis dimasukan kedalam buah kelapa dan diaduk sampai merata : Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Kencing Batu 
Cara membuatnya : 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung dipecah dibuang kulitnya dan dimasukan kedalam buah kelapa tersebut, diaduk sampai merata : di minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Mengurangi sakit waktu haid
Cara membuatnya : 1 gelas air kelapa hijau, 1 potong gula aren. Kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai merata. Diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore, selama 3 hari berturut turut.

Influenza
Cara membuatnya : setengah butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur. Buah kelapa dan kencur diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata, ditambah 1 gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya. Diminum satu kali sehari.

Mengusir cacing kremi
Cara membuatnya : 1/2 butir buah kelapa, satu buah wortel. Buah kelapa dan wortel diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur, ditambah 1 gelas air, diperas dan disaring. Diminum malam hari menjelang tidur.

Sakit gigi berlubang
Cara membuatnya : tempurung (batok) kelapa dibakar dan minyak yang keluar dipinggir api diambil dengan kapas yang digulung sebesar kubang gigi dimasukan kedalam lubang gigi yang sakit.

Ubanan
Cara membuatnya : 1/2 butir kelapa tua, air buah kelapa. Buah kelapa diparut dan diperas dengan air kelapa itu dimbil santannya. Kemudian air santan tersebut diberi garam secukupnya dan diaduk sampai merata, kemudian diembunkan semalaman diluar rumah sebagian dari santan tersebut dipergunakan untuk mengurut bagian yang beruban dan dibiarkan 10-15 menit, sebagian santan lagi dipergunakan untuk keramas secara teratur 3 hari sekali.

Ketombe 
Cara membuatnya : 1 butir kelapa tua dan 1/2 buah nanas 1 butir jeruk nipis, 1. gelas air kelapa. Buah kelapa dan nanas diparut untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur sampai merata dan disaring. Dipergunakan untuk keramas 5 hari sekali.

Walaupun tidak lengkap Itulah sedikit penjelasan tentang manfaat pohon dan buah kelapa yang selalu dimanfaatkan kebergunaanya oleh manusia. semoga bermanfaat.

Disqus Comments