-->

Khasiat bayam bagi kesehatan

Khasiat bayam bagi kesehatan. Bayam  ( Amaranthus spp ) adalah tanaman yang biasa dikonsumsi daunnya,  tumbuhan yang berasal dari Amerika ini mengandung zat besi yang sangat besar dan biasa ditemukan disekitar kita, tanaman ini secara umum ada dua jenis, bayam petik dan bayam cabut.


Khasiat bayam bagi kesehatan


Diet
Satu cangkir bayam memiliki hampir 20% dari RDA serat makanan, yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengekang makan berlebihan.

Kanker
Flavonoid - sebuah phytonutrisi dengan sifat anti-kanker berlimpah dalam bayam - telah ditunjukkan untuk memperlambat pembelahan sel dalam perut dan kanker kulit sel manusia. Selain itu, bayam telah menunjukkan perlindungan yang signifikan terhadap terjadinya kanker prostat agresif.

Anti-inflamasi
Neoxanthin dan violaxanthin dua epoxyxanthophylls anti-inflamasi yang memainkan peran penting dalam regulasi peradangan dan hadir dalam jumlah yang tidak biasa dalam bayam.

Antioksidan
Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng dan selenium hadir dalam bayam semua melayani sebagai antioksidan kuat yang memerangi terjadinya osteoporosis, aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah
Dengan menghambat angiotensin I-converting enzyme, peptida dalam bayam telah terbukti efektif menurunkan tekanan darah.

Penglihatan
Kedua antioksidan lutein dan zeaxanthin yang sangat banyak di bayam dan melindungi mata dari katarak dan yang berkaitan dengan usia degenerasi makula

Imunitas
Satu cangkir bayam mengandung lebih dari 337% dari RDA vitamin A yang tidak hanya melindungi dan memperkuat tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan saluran usus, tetapi juga merupakan komponen kunci dari limfosit ( atau sel darah putih) yang memerangi infeksi.

Kulit
Jumlah tinggi vitamin A dalam bayam juga mempromosikan kulit yang sehat dengan memungkinkan untuk retensi kelembaban yang tepat di epidermis, sehingga memerangi psoriasis, keratinisasi, jerawat dan bahkan keriput.

Tulang
Satu cangkir bayam rebus menyediakan lebih dari 1000% dari RDA vitamin K yang dapat mencegah aktivasi kelebihan osteoklas (sel-sel yang memecah tulang), serta mempromosikan sintesis osteocalcin, protein yang sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang kita.

Disqus Comments